Home » , » Ciri -ciri Burung Berhenti Berkicau

Ciri -ciri Burung Berhenti Berkicau

Written By gara on Friday, October 19, 2012 | Friday, October 19, 2012


Penyebab Burung Berhenti Berkicau, Masalah yang sering dialami oleh para penggemar burung berkicau biasanya adalah burung peliharaannya mendadak menjadi jarang berkicau  atau burung peliharaan hanya bisa ngeriwik padahal tidak ada yang salah dengan perawatan anda yang meliputi EF, mandi dan dijemur.
Atau bisa saja anda mengalami masalah yang lain dimana burung kesayangan anda hanya mau berkicau di pagi hari, hanya gacor di lapangan tetapi tidak mau gacor di rumah atau sebaliknya.
Pada dasarnya burung yang ngeriwik adalah burung yang mentalnya sedang tertekan yang bisa disebabkan oleh lingkungan yang benar-benar baru atau karena kalah setelah diadu.
Faktor-faktor yang menyebabkan burung hanya ngeriwik saja :
  • Burung hasil tangkapan hutan
Burung hasil penangkaran mudah gacor karena sudah mengenal manusia dan tidak takut pada lingkungan sekitarnya.
Disisi lain burung hasil tangkapan hutan harus melalui proses penjinakan terlebih dahulu sebelum akhirnya beradaptasi dengan manusia dan lingkungan sekitarnya.
Untuk membuat burung hasil tangkapan hutan agar tidak takut lagi pada manusia anda akan membutuhkan waktu berbulan-bulan.
Untuk mempercepat masa adaptasi anda bisa menempatkan burung hasil tangkapan hutan pada tempat dimana banyak orang yang berlalu lalang dan sebaiknya dilakukan setelah masa mabung.
Idealnya memang membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan agar burung hasil tangkapan hutan mau beradaptasi dengan kehidupan manusia dan jangan berharap burung hasil tangkapan hutan mau gacor dalam waktu yang cukup singkat atau di bawah 3 bulan.

  • Burung yang sedang dalam masa mabung
burung yang sedang dalam mabung adalah burung yang fisiknya masih belum dalam keadaan sehat. Pastikan anda mencukupi  kebutuhan nutrisinya untuk mempercepat masa  pemulihannya.
Burung yang sedang dalam masa mabung biasanya hanya diam saja atau ngeriwik-ngeriwik. Jika burung anda tiba-tiba tidak berkicau maka kemungkinan hal itu disebabkan burung sedang dalam masa mabung yang bisa dilihat dengan tanda-tanda bulu-bulu yang mulai berjatuhan.
Burung yang baru selesai melewati masa mabung juga mengalami hal yang sama dimana untuk burung yang sudah selesai mabung harus melewati waktu sekitar 2 bulan untuk memulihkan kondisinya agar bisa kembali berkicau namun tidak semua burung harus melewati waktu 2 bulan untuk memulihkan kondisi fisiknya.

  • Burung yang kalah setelah diadu
Jika burung anda tidak mau gacor dan hanya diam saja atau hanya ngeriwik-ngeriwik saja maka kemungkinan burung anda kalah setalah anda mengadunya.
Untuk memulihkan mental dan kesehatannya anda bisa memerlukan waktu berbulan-bulan dan sebaiknya selama itu burung dikarantina hingga melewati masa mabung. Dan jangan lupa untuk memberi pakan yang bergizi selama burung dikarantina.

  • Burung hanya mau berkicau pada saat-saat tertentu saja
Ada burung tertentu yang hanya ngeriwik di malam hari namun di pagi harinya mau gacor, begitu pula sebaliknya. Biasanya hal ini dialami oleh burung yang belum mengalami birahi sepenuhnya atau kondisi fisiknya belum fit namun sudah beradaptasi dengan lingkungannya.
Burung yang gacor sepanjang hari biasanya adalah burung yang sedang birahi. Maka dari itu bila anda ingin burung anda gacor sebaiknya anda bisa membuat burung anda menjadi birahi. Tentu saja anda harus benar-benar bersabar untuk hal yang satu ini.

  • Burung hanya mau berkicau di tempat-tempat tertentu saja
Burung yang tidak dalam keadaan yang fit atau belum terbiasa diadu di dalam keramaian biasanya hanya mau gacor di dalam rumah, sedangkan di arena perlombaan atau keramaian hanya diam saja dan tidak mau gacor.
Untuk mengatasi hal ini anda harus rutin melatihnya jika anda ingin burung anda mau gacor di arena lomba.
Atau anda juga bisa merangsang birahi burung anda dengan mendatangkan “musuh” agar burung anda mau gacor.
Akan tetapi ada juga jenis burung yang memang sudah memiliki karakter seperti itu, yaitu hanya mau berkicau jika ada musuhnya. Kalau sudah berbicara mengenai karakter, maka tidak ada obat apapun yang manjur.
smbr:jenisburung

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.