Home » , , , » CIRI-CIRI Fisik BURUNG SAKIT

CIRI-CIRI Fisik BURUNG SAKIT

Written By gara on Sunday, October 21, 2012 | Sunday, October 21, 2012


Tanpa Kita sadari burung peliharaan yang setiap hari berkicau ternyata suaranya semakin kurang begitu terdengar lagi terlihat burung baik-baik saja dan sehat, akan tetapi kita sebagai pemilik burung haru mengerti dengan melihat kondisi fisik burung apakah burung itu sehat atau sedang sakit. dilihat dari kebiasan burung sehari-hari sampai nafsu makan berkurang, banyak faktor yang menyebabkan burung sakit. sebagai pemilik kita harus bisa menjadi dokter untuk hewan peliharaan kita dengan mengenali ciri-ciri fisik apakah burung kita sakit atau sehat.
 
CIRI-CIRI Fisik BURUNG SAKIT
 
1. Mata
Pada mata keluar sekretum (cairan yang tidak normal atau tidak biasanya), berubah warna atau kecerahannya, sayu, mata dipejampejamkan, dan terjadi pembengkakan di sekitar mata.

2. Lubang hidung (nostrils)
Dari lubang hidung keluar ingus, sesuatu yang membeku sehingga menutupi nostril dan bersin-bersin atau membuka-buka paruhnya karena sesak nafas. Selain itu, bulu-bulu di sekitar nostril dan kepala pada umumnya kotor karena sering digaruk atau diusap.

3. Sayap dan bulu
Bulu tampak suram dan kusut, sayap lunglai (baik sebelah atau keduanya), perilaku menata bulu-bulu hilang atau tidak dilakukan.

4. Napsu atau perilaku makan
Napsu makan turun atau hilang, tidak pandai mematuk makanannya, dan berat badan menurun.

5. Keseimbangan
Burung tampak sempoyongan, tidak mampu atau sukar bertengger (biasanya burung ada di lantai kurungan), dan tidak suka bergerak (inaktif),

6. Sendi tulang
Pada sendi tulang terjadi pembengkakan dan berubah bentuk (deformitas, malformation).

7. Kebiasaan sehari-hari
Kebiasaan sehari-hari yang biasa dilakukan tidak dilakukan lagi, tidak suka mandi-mandi, tidak berkicau, suara kicauannya berubah, dan lain-lain.

8. Tubuh
Terdapat jendolan atau timbunan sesuatu masa di manapun pada tubuhnya.
  smbr:omkicau

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.