Support

Home » , » Burung Beo Bicara

Burung Beo Bicara

Written By gara on Wednesday, January 16, 2013 | Wednesday, January 16, 2013

Burungzoo.com

Melatih Burung Beo Bicara

















Menjadi pemilik burung beo, hal yang paling diinginkan adalah menjadikan burung beo yang pintar dan  membuatnya bisa bicara menirukan suara manusia. Hal utama yang diperlukan dalam membuat burung pandai bicara adalah kasih sayang dan konsistensi. Beberapa tips berikut semoga bisa membantu Anda melatih burung beo agar bisa menirukan bahasa manusia.

                                                                                                                         
1.Berikan perhatian dan kasih sayang yang tulus, sehingga dia akan peduli terhadap apa yang diinginkan majikannya.
2.Seperti halnya melatih anak kecil untuk belajar berbicara, melatih burung beo juga memerlukan kesabaran Anda. Bagaimanapun seekor burung tidak mungkin dapat disamakan dengan anak kecil yang dalam suatu periode waktu tertentu sudah dapat berbicara.
3.Latihan sebaiknya dilakukan secara bertahap dan janganlah membuat target waktu yang pada akhirnya hanya akan menjadi beban dan kekecewaan bila harapan tidak terwujud.
4.Methode latihan harus dilakukan secara konsisten. Setiap perkataan yang diajarkan harus ditunjang oleh arti atau tanda yang membedakannya dari perkataan yang lain. Contoh, pada waktu matahari terbit secara rutin dan berulang-ulang ucapkanlah "Selamat pagi" dan pada waktu matahari terbenam ucapkanlah "Selamat malam". Dari perbedaan waktu pagi dan malam si burung akan menyadari perbedaan arti dari ke dua kata tersebut. Janganlah dicampur adukkan karena akan membuatnya bingung.
5.Sebelum mahir benar janganlah diajak bercanda dulu, misalnya menawarkan makanan tapi tidak jadi diberikan. Sebaiknya dihindarkan hal-hal yang menjurus atau akan menyebabkan dia mengeluarkan kata-kata jorok seperti menempatkannya di dekat kamar mandi.
6.Letakkan burung beo pada satu tempat saja, jangan sering dipindah. Ini akan mengakibatkan memori dalam otak burung menjadi kacau sehingga dia kesulitan menirukan ucapan kata-kata Anda.
7.Berilah jadwal berlatih yang tidak berubah-ubah waktunya. Jika setiap pagi, ya harus pagi terus, jangan diganti siang atau sore. Jika Anda tak punya waktu pada saat itu, sebaiknya tunggu besok pagi lagi.
8.Ketika melatih dengan mengucapkan kata, juga berilah dia contoh tindakan atau perbuatan yang juga sama terus, tidak berganti. Misalnya anda mengucapkan kata makan sambil memegang piring. Besoknya juga harus melakukan hal yang sama , jangan memegang benda lain.
9.Jangan sekaligus melatih beberapa ucapan, beo bisa menjadi stres dan tidak mampu mengucapkan satu patah katapun. Beo tetaplah binatang yang kemampuan memorinya terbatas, latih kata demi kata saja.
10.Ketika beo sudah bisa mengeluarkan suara seperti yang Anda kehendaki, teruslah melatihnya agar beo selalu ingat.
11.Agar lebih cepat hapal dan ingat dengan suara atau kata yang diajarkan, sebaiknya burung beo jangan dicampur dengan burung jenis lain. Terutama burung yang juga bisa berkicau, karena beo justru akan meniru suara burung lain bukan suara Anda.

Contoh cara mengajarkan beo bicara:
                                                                                                
1.Katakan "Mandi dulu!" pada saat dia akan dimandikan dan jangan mengatakan kata itu apabila tidak akan dimandikan.
2.Katakan "Ada tamu" pada saat menerima tamu, atau katakan "Sepi sekali" apabila tidak ada orang.
3.Katakan "Mau brokoli?" saat dia dikasi makan brokoli. Apabila dia tidak mau makan dan makanan tersebut dikeluarkan lagi katakan "Tidak mau?", atau apabila terus disimpan didekatnya katakan "Buat nanti ya!"
4.Katakan "Selamat tinggal" pada waktu mau pergi lama misalnya pergi bekerja dan apabila akan segera kembali katakan "Sebentar nanti kembali".


Tips Tambahan
Jangan biarkan burung beo mendengar suara atau kata-kata yang Anda tidak ingin dia untuk menirukannya.
Beberapa ahli beo percaya sebaiknya pemilik mendahulukan mengajar burung beo berbicara sebelum mengajarnya bersiul. Bersiul dapat mengganggu beo untuk belajar menirukan kata-kata.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.