Support

PENANGKARAN BURUNG CUCAK IJO

Written By gara on Wednesday, January 16, 2013 | Wednesday, January 16, 2013

Burungzoo.com


 PENANGKARAN BURUNG CUCAK IJO


Sangat banyak penghobi burung yang punya niat menangkarkan cucak ijo atau cucak hijau. Pertanyaan standar yang disampaikan yaitu bagaimana menentukan calon indukan cucak ijo yang bagus dan menjodohkan cucak ijo tersebut. 

Sesungguhnya ada sebagian penangkar cucak ijo yang telah berhasil. di situs kicaumania. org contohnya dulu om bambang is malang ( moderator breeding kacer/burung lain km ) bercerita perihal berhasil dia menangkarkan cucak ijo. juga om arkum2x ( moderator breeding km ) yang bercerita lakukan eksperimen breeding cucak ijo di area temannya. 

Cuma saja, dikarenakan dengan ekonomi menangkar cucak ijo tidak beruntung, maka banyak yang ditinggalkan. beberapa penangkar lebih senang menangkar murai batu, cucakrowo, kenari atau lovebird. 

namun cerita yang pingin saya berikan yaitu cerita berhasil menangkar cucak ijo yang dulu dikerjakan lintang songo bf solo. namun ya itu, dikarenakan “tidak ekonomis”, maka lintang songo bf cuma menangkarkan jalak bali, cucakrowo serta murai batu. didalam histori perjalanannya, lintang songo bf berhasil menangkarkan jalak suren, jalak putih, kacer, anis kembang serta cucak ijo. spesial untuk cucak ijo, cuma beranak hingga 2 x serta sesudah itu ditinggalkan. penangkaran lain layaknya jalak suren, jalak putih, kacer serta anis kembang juga ditinggalkan. yang bertahan serta dikembangkan serius yaitu jalak bali, serta cucakrowo. namun murai batu, cuma disisakan satu indukan bagus, hercules dengan betina anakan dari alpacino.

Penangkaran dan kandang


Untuk menentukan indukan jantan, tentukan saja cucak ijo yang sehat, tidak cacat fisik serta gacor dengan perkiraan umur diatas 2 th.. namun betinanya, dapat dipilih yang umur diatas 1 th., mulus serta telah akan bunyi bila didekatkan dengan cucak ijo jantan. pastikan jantan serta betina yang jinak, didalam makna tidak takut lagi dengan manusia. masalah asal cucak ijo, tentukan cocok hasrat anda. dapat asal sumatera, blora, jember, banyuwangi atau dari tempat manapun. 

Sesudah calon indukan dipilih lantas kita lakukan sistem penjodohan. sistem penjodohan dapat dikerjakan dengan kandang penjodohan, yaitu sangkar bersekat yang sekatnya dapat kita ambillah setiap saat. bila tidak mempunyai sangkar sekat, dapat pakai sangkar harian biasa. 

Penjodohan dikerjakan dengan senantiasa tempelkan sangkar si jantan serta betina berdempetan. dengan posisi ini, maka jantan yang telah birahi pada step awal dapat senantiasa berkicau mengarah si betina. si betina akan menanggapi dengan siulan-siulan khas betina. bila belum akan berjodoh, betina dapat menghindar dengan langkah menjauh serta berlaku cuek. sistem penjodohan ini dapat berjalan lama atau sebentar bergantung dari situasi birahi tiap-tiap. 

Sebaiknya didalam sistem penjodohan ini kita mencermati apa yang dulu disampaikan om arkum. dia menyebutkan bahwa didalam step penjodohan, dia umumnya lihat dulu apakah burung dengan usia telah siap atau belum, lantas telah birahi atau belum. factor birahi amat merubah sistem penjodohan, cepat atau tidak Serta berantem atau tidak serta ini juga dipengaruhi usia burung. “trik yang kerap saya gunakan untuk menjodohkan burung yaitu dengan kandang sekat. lantas satu waktu untuk lihat jodoh atau tidak, saya tinggal menarik pembatas kandang sekat yang ada di dalam, ” tuturnya. 


Untuk bikin burung cepat jodoh, dia umumnya lakukan perihal seperti berikut : 
1. hari pertama diberi ef yang kian lebih biasa, contoh jantan betina diberi tiap-tiap 10 ekor jangkrik serta 10 ekor cacing dengan tujuan supaya keduanya terpacu birahinya. 
2. hari ke-2, jatah jantan terus serta jatah betina dikurangi, contoh 10 : 5, perihal ini ditujukan untuk terus melindungi birahinya 
3, hari ketiga jatah jantan ditambah serta jatah betina dihilangkan. tujuannya pada waktu si jantan birahi, dia dapat memainkan ef di mulutnya, serta pada waktu yang berbarengan si betina kelaparan dikarenakan tidak memperoleh jatah makan, hingga si betina dapat berupaya menghendaki jatah makan dari si jantan. 

sistem ini dapat dilanjutkan untuk sekian hari ke depan. lamanya bergantung burung itu sendiri, dapat 1 hari, 2 hari atau barangkali 1 bln. belum jodoh. 

Sistem penjodohan layaknya itu juga yang dikerjakan mas samino di lintang songo bf solo. sistem penjodohan ini dikerjakan sepanjang nyaris 1 bulan hingga jantan betina akan bercampur tanpa tarung lagi. 

Untuk tahu apakah mereka dapat akur atau tidak, sesekali mereka digabung terlebih di waktu dimandikan di karamba. bila mereka tidak tengkar, maka dapat dicoba jadikan satu. bila tetap ada sinyal tanda bertengkar, maka butuh dipisah lagi. kerjakan perihal itu hingga burung betul-betul akan dihimpun lantas satu tanpa saling serang. 

Sebatas panduan dari saya, bila burung anda sukar atau lama berjodoh, maka anda dapat memakai birdmature. birdmature yaitu product untuk menambah birahi burung dengan cepat, terlebih untuk burung-burung penangkaran. birdmature telah teruji di kandang penangkaran lovebird mempunyai om dwi, dt bf jogja, serta penangkaran murai batu black bf cilacap. 

Sesudah penjodohan selesai, maka ke-2 burung segera dimasukkan ke kandang penangkaran.


Manajemen pakan penangkaran cucak ijo 

Untuk masalah penyediaan sarang serta sarana-prasarana lain, anda dapat melihatnya lagi di artikel kandang penangkaran burung. sesaat untuk penangkaran dengan sangkar gantung, walau telah sukses bertelur layaknya yang dikerjakan om angin jakarta, namun belum ada info apakah telah dapat menetas ( telah berlangsung perkawinan, mengeram tenang serta menetas ). namun untuk problem pakan, burung cucak ijo mungkin diberikan dengan pola standar berbentuk voer, serangga, cacing serta buah-buahan. tetapi demikianlah pemberian pakan untuk burung penangkaran mesti semakin banyak porsinya daripada burung untuk peliharaan harian. 

Cuma saja, butuh diingat, pemberian konsumsi yang tidak seimbang justru dapat memperlama sistem produksi. pemakaian voer untuk ayam broiler contohnya, memanglah menambah jumlah protein, namun pada waktu yang sama jumlah lemaknya lalu banyak. walau sebenarnya, burung penangkaran yang kegemukan, dapat sukar bereproduksi dengan baik. begitupun dengan voer yang biasa dipakai untuk burung kicau harian, dengan umum telah baik, tetapi kandungan mineralnya kerapkali tidak dapat kita yakinkan dikarenakan banyak voer yang dijual tanpa dibarengi info komposisi isi yang cukup. didalam kaitan inilah saya merekomendasikan ke sebagian penangkar untuk berikan multi vit. dengan komposisi yang cocok untuk burung. 

Multivitamin yang bagus sekurang-kurangnya memiliki kandungan vit. utama, yaitu a, d3, e, b1, b2, b3 ( nicotimanide ) b6, b12, c serta k3 ; zat esensial layaknya d-l methionine, i-lisin hcl, folic acid ( sebenarnya yaitu di antara wujud dari vit. b ) serta ca-d pantothenate.

Pada waktu yang sama, burung di penangkaran memerlukan mineral yang komplit serta seimbang. unsur ca serta k contohnya, mesti betul-betul tercukupi hingga sistem pembuatan cangkang telur dapat berjalan dengan baik. kian lebih itu, kekurangan mineral pada burung dapat mengakibatkan sebagian hambatan didalam penangkaran, diantaranya bulu lemah, tidak mulus, kusam ; terkena rachitis ( tulang-tulang lembek, bengkok serta abnormal ) ; paralysa ( lumpuh ) ; perosis ( tumit bengkak ) ; anak burung mati sesudah menetas ; alami urat keting ( tendo ) ; lepas sendinya, tercerai ( luxatio ) ; paruh meleset, kekurangan darah hingga pucat serta lemah ; tidak juga segera bertelur, telur kosong, produktivitas rendah, serta daya tetas rendah, dan kematian embrio tinggi. untuk hindari perihal itu, sebaiknya anda tahu problem mineral burung.





Layaknya halnya penangkaran burung biasanya, cucak ijo memerlukan lingkungan yang tenang. sekurang-kurangnya, mesti terbebas dari masalah predator ( kucing, tikus dan lain-lain ). sesaat untuk menghindari burung dari serangan penyakit yang datang dari parasit, maka anda mesti meyakinkan kandang yang relatif bebas parsit serta serangga pengganggu layaknya semut serta kecoak. 

Parasit pengganggu burung di penangkaran ada macam-macam. bila tidak dikerjakan dengan serius, maka dapat mengakibatkan betina tidak nyaman saat mengeram. mengakibatkan, burung tidak tenang serta senantiasa turun dari sarang. bila ini berulang berlangsung, maka dipastikan telur tidak dapat menetas dikarenakan tidak memperoleh suhu pengeraman yang stabil. terkadang, masalah parasit juga mengakibatkan indukan berlaku agresif serta dapat mengobrak-abrik sarang, makan telur sendiri, dan sebagainya. 

Masa Mengerami

Sepanjang masa mengeram, ekstra fooding butuh dikurangi dengan tujuan supaya ke-2 burung tidak naik birahinya yang juga kerap mengakibatkan mereka berlaku agresif baik pada pasangan amupun pada telur yang tengah dierami. 

Sesudah umur pengeraman 14 hari, maka telur burung cucak ijo dapat menetas. untuk mengantisipasi periode menetas, maka mulai hari ke-12 pengeraman, anda butuh menambah jumlah ekstra fooding serta sediakan kroto sebagai pakan pertama yang dapat diberikan indukan pada anakannya. 


Bila telur sudah berhasil menetas, maka anakan cucak ijo dapat anda petik pada umur 5-10 hari. bila kurang dari 5 hari, situasi burung terlampau lemah serta terkadang menyusahkan kita untuk menyuapkan pakan. sesaat bila kian lebih 10 hari, burung telah takut dengan manusia. mengakibatkan, mereka takut disuapi serta pada waktu yang sama mereka belum dapat makan sendiri. setelah itu, ya dapat mati-lah anak-anak cucak ijo. 

Manajemen anakan

Anak-anak cucak ijo dapat anda tempatkan di wadah apa saja yang mutlak ada landasan dengan bahan yang sama juga dengan yang dibikin untuk bikin sarang di kandang penangkaran. untuk landasan paling atas dapat kita beri kapas supaya lembut serta tidak melukai anakan burung. anakan di wadah spesial itu lantas dapat anda tempatkan didalam kotak kayu atau kotak apa saja, dengan diberi lampu penghangat. 

Namun untuk pakan anakan cucak ijo yang di ambil pada umur 5-10 hari, anda dapat mempersiapkan kroto yang betul-betul bersih dari kotoran serta bangkai semut. suapkan perlan-pelan dengan alat suap yang dapat anda bikin layaknya penjepit yang terbuat dari bambu. atau anda dapat bikin dengan wujud apa pun yang mutlak dapat untuk menyuapkan kroto ke paruh burung anakan. kroto yang dapat anda berikanlah, butuh ditetes air sedikit hingga meringankan burung anakan untuk menelannya. 

Untuk burung-burung diatas umur 7 hari, anda juga dapat berikan kroto yang digabung dengan adonan voer. untuk meyakinkan kecukupan vit. serta mineral anakan burung, anda butuh memberikan birdvit ke dalamnya. 
anakan burung pada umur 15 hari ke atas, anda telah dapat mulai berikan jangkrik kecil yang dibersihkan kaki-kakiinya, serta dipencet kepalanya. atau bila untuk pemberian di masa-masa awal, janganlah diikutkan kaki serta kepalanya. tambah baik lagi bila anda dapat berikan jangkrik yang tengah mabung, yaitu tetap lembut serta berwarna putih. 

Saat anakan burung telah mulai meloncat-loncat kuat didalam boks sarang, anda dapat memindahkannya ke didalam sangkar gantung. cuma saja butuh diingat, basic sangkar gantung terus diberi landasan bahan yang sama juga dengan bahan pembuat sarang. tujuannya yaitu mencegah kaki burung anakan cedera. sesaat untuk tangkringan mesti dibikin bertingkat supaya burung juga studi meloncat antar tangkringan. 

Sesaat itu untuk manajemen indukan pasca anakan di ambil, anda dapat menyetting pakan untuk indukan layaknya pada saat pasca penjodohan. sesudah anakan di ambil, umumnya 7-10 hari setelahnya, betina mulai bertelur lagi. perihal ini berulang terus serta dapat alami pergantian saat burung alami periode mabung. mabung pada cucak ijo biasanya memanglah tidak sekalian bulu ambrol didalam rentang hari yang pendek, namun nyulam-nyulam. 

Dengan model mabung layaknya ini, maka tidak mengherankan tetap ada juga cucak ijo yang terus betelur walau bulu mulai jatuh. tetapi demikianlah, ada juga yang berhenti berproduksi saat itu juga. perihal ini membutuhkan ketelitian anda untuk berikan konsumsi yang bagus untuk burung penangkaran, hingga walau situasi fisik tampak tidak fit, namun tetap harus akan berproduksi. lain masalahnya bila sistem nyulamnya memanglah tinggi, yaitu bulu sangat banyak yang berjatuhan, maka anda mesti bersabar untuk menanti burung merampungkan periode mabung, rekondisi serta siap lagi berproduksi.

smbr"ulasan burung

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.