Ciri Burung Merpati Kupu-kupu

Written By gara on Thursday, July 4, 2013 | Thursday, July 04, 2013


Ciri Burung Merpati Kupu-kupu



Merpati kupu-kupu adalah dara kucir (kucir=jambul), karena kepala berjambul.  Burung ini lebih bagus kalau dipelihara paling sedikit 5 pasang, jika semakin banyak temannya yang terbang semakin lama dia terbang. Ciri-ciri burung yg bagus adalah: bentuk badan jangan terlalu panjang, mata merah, tapi jangan pecah, karena mata merah tidak mudah silau kalau terbang tinggi, bulu sayap primer yang lebar, kalau dipegang bulu ekor mengembang/mirip kupu-kupu. Burung yang baik kalau terbang pelan,tetapi tidak membaplang, burung ini terbangnya tidak jauh dari rumah, burung yang baik terbang secara vertikal, baik disaat naik atau turun, burung ini 
terbangnya sangat tinggi, di atas awan, bahkan kalau ada mendung gak kelihatan (di atas mendung) menikmati terbang paling sering dilakukan jam 7 pagi dan jam 3 sore, caranya cukup mudah hanya dgn mengacungkan tangan atau pura-pura disambit burung ini otomatis akan terbang lama diatas 2 jam. warna dasarnya sebenarnya ada 2 yaitu hitam dan putih dgn leher bertotol kelabu atau hitam (biasa disebut "brues". tapi juga ada yg selap. Cara pelihara mirip burung merpati pos, sebelum bertelur sebaiknya jgn dilepas karena bisa minggat. Kandang sebaiknya jangan di bawah, minimal sejajar dengan atap rumah, tujuanya biar burung ini tdk terlalu jinak ( giras ). Penggemar burung merpati kupu-kupu biasanya membuatkan kandangnya/gupon di pohon. Sebaiknya kalau pelihara burung ini jangan dicampur dgn merpati balap atau yang lain karena akan membuat jadi malas terbang lama-lama, mungkin karena lihat burung yg lain bertengger diatap jadi bawaanya pingin turun.  
Tujuan kami adalah untuk menjadi salah satu yang paling kompetitif dalam pembibitan merpati kupu-kupu, dan sangat konsisten untuk mempertahankannya dari tahun ke tahun. Kami memiliki merpati kupu-kupu strain spesifik ras lama dengan warna bulu dasarnya yang sebenarnya ada 2 yaitu hitam dan putih dgn leher bertotol kelabu atau hitam biasa disebut "brues", tapi ada juga yang warna selap. Selain dari warna tersebut sudah tidak asli lagi (menurut saya) dan terbangnya juga tidak akan lama-lama. Burung jenis tersebut bisa terbang sangat tinggi dan lama. Cara kami untuk mendapatkan keturunan merpati kupu-kupu yang kualitas terbangnya bagus yaitu dengan cara mensilangkan indukannya yang mampu terbang tinggi dari garis darah ras lama.  

 Armano Farm

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.