Sumber Pakan Burung

Written By gara on Thursday, July 18, 2013 | Thursday, July 18, 2013


Sumber Pakan Burung

Berbagai macam makanan burung dan dari berbagai sumber hewani maupun nabati, kita harus mengerti mana yang lebih cocok untuk burung kicau, burung hias, burung merpati, burung ternar atau burung pedaging, kita harus memberikannya agar burung peliharaan mendapatkan gizi yang cukup secara rutin.

  


Pakan burung dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni pakan burung hewani dan pakan burung nabati. Jenis pakan burung yang akan digunakan harus disesuaikan dengan jenis burung peliharaan Anda.
                                                
Hewani. Jenis pakan hewani burung, diantaranya kroto, serangga, ulat, cacing, ikan, daging, telur ayam/unggas lain, serta susu.
Nabati. Jenis pakan nabati dapat berupa sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Jenis pakan hewani:                                                                                                                                                                        
1.Kroto. Kroto adalah larva semut ataupun semut rangrang yang banyak digemari oleh burung pemakan serangga, seperti jalak, kutilang, beo, dan poksai.
2.Serangga dan ulat. Banyak burung berkicau pemakan serangga, selain buah-buahan sebagai pakan tambahannya. Serangga yang banyak dijual di pasaran adalah jangkerik, sedangkan ulatnya berupa ulat hongkong, ulat bambu dan ulat kandang.
3.Ikan. Ikan termasuk salah satu jenis pakan burung untuk jenis burung pemakan ikan (piscivora). Seperti kuntul, bangau, blekok, raja udang, dan elang laut. Jenis ikan yang biasa diberikan adalah ikan mujahir dalam kondisi hidup.
4.Daging. Daging biasanya dikonsumsi oleh burung-burung pemangsa (predator) dan pemakan daging (karnivora). Daging ini bisa berasal dari berbagai jenis hewan, seperti sapi, kelinci, ayam, itik manila, dan tikus putih. Sementara pemangsanya adalah burung hantu, elang, rangkong, kasuari, dan gagak. Daging ini dapat disajikan dalam bentuk potongan kecil atau dalam bentuk hidup, seperti anak ayam (DOC) dan tikus putih (mencit) untuk burung hantu dan elang.
5.Susu. Jenis pakan ini umumnya diberikan pada anak-anak burung dari keluarga merpati dan burung berparuh bengkok seperti nuri dan kakatua. Namun, meski sudah dewasa, kadangkala burung-burung ini masih menyukai susu. Semua jenis susu dapat diberikan kepada burung, tetapi yang terbaik adalah susu yang berkadar lemak rendah.
6.Telur ayam/unggas lain. Telur ayam atau unggas lain yang direbus biasa  diberikan untuk pakan burung-burung anakan.
7.Cacing. Bahan pakan unggas yang berprotein tinggi ini digunakan secara luas oleh para pecinta berbagai jenis burung.

Jenis pakan nabati:
                                                                       
1.Sayuran. Sayuran biasa diberikan kepada burung jenis ayam hias, seperti merak, kuau, dan puyuh. Sayuran juga disukai oleh bebek, kakatua, parkit dan kenari. Jenis sayuran yang biasa diberikan adalah kecambah (taoge), kangkung, dan wortel untuk kakatua.
2.Buah-buahan. Hampir semua jenis burung menyukai buah-buahan, baik sebagai pakan utama maupun pakan tambahan. Buah yang banyak disukai burung, diantaranya papaya, pisang kepok matang, buni, kersen (ceri), salam, beringin, dan palem.
3.Biji-bijian. Biji-bijian yang dapat digunakan sebagai pakan burung, antara lain biji-bijian halus: milet, jewawut, kenari biji, beras ketan hitam dam pellet. Jenis ini disukai oleh burung-burung perkutut, kakatua kelabu australia, dan betet afrika (lovebird). Untuk biji-bijian kasar seperti: jagung kering, gabah, beras merah, kacang hijau, pellet.

Sumber : dari berbagai sumber
 

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.