Ciri - Ciri BURUNG BEO SAKIT

Written By gara on Wednesday, October 16, 2013 | Wednesday, October 16, 2013

  Ciri - Ciri BURUNG BEO SAKIT BURUNG BEO SAKIT
Burungzoo.com




Waktu liburan saya bermain kerumah sahabat lama saya, dia sudah lama memelihara burung beo kira-kira 3 tahun lebih, ketika saya dateng kerumah teman saya burung beo itu berbicara asalamualaikum, wah keren saya mendengarnya, dan burung beo itu pun mengulangi kata - kata tersebut berkali kali, dan akhirnya aku foto - untuk aku posting di blog saya. ketika sang pemilik burung beo bercerita tentang burung beo ini hampir saja di curi, dan pencurinya hampir ketangkap, akan tetapi dia bisa lolos, ketika aku lihat kandang nya sepertinya sulit untuk mengambil burung beo dengan kandang besi dan berbahan semen, ternyata cara mengambilnya dengan menggotong seluruh kandang burung beo pada malam hari, aku pun mencoba geleng geleng kepala.burung beo aktif dan sering mengeluarkan suara yang cukup keras sehingga membuat orang terpikat untuk memeliharanya apalagi kalo sudah bisa bicara harganya jauh lebih mahal dari biasanya. 

kemudian saya bertanya pada teman saya, apakah burung ini pernah sakit ? dan teman saya pun berkata , jarang sekali sakit, akan tetapi burung aga sulit untuk melihat bahwa dia sedang sakit atau tidak, gimana perasaan saya saja, ketika burung beo ini mulai tidak aktif atau sedikit makan dan kotorannya tidak seperti biasanya barulah saya mulai memberikan perhatian lebih untuk memastikan dan mengembalikan kondisi burung beo dengan cara merawatnya lebih instens.

Burung beo tidak dapat memberitahu Anda ketika mereka merasakan sakit.Gejala beo yang sakit terkadang sulit untuk diidentifikasi. Kebanyakan penyakit padaburungbeo disebabkan oleh gizi buruk atau stres.

Cara terbaik mendeteksi penyakit adalah dengan mengenal beo Anda dan menentukan apakah si beo berperilaku normal atau tidak.
Berikut adalah beberapa tanda dan gejala yang menunjukkan burung beo peliharaan Anda sedang sakit:
Perhatikan perilaku burung beo.
  1. Perhatikan apakah burung beo jadi lebih sedikit bersuara atau berhenti melompat-lompat dan hanya bertengger diam saja.
  2. Beo yang tadinya lincah kemudian mendadak menjadi kurang aktif bisa menandakan ada sesuatu yang tidak beres.
  3. Contoh lain dari perilaku abnormal adalah beo menjadi menggigil padahal cuaca tidak dingin, berhenti makan dan minum, serta tiba-tiba mulai menjadi agresif atau rewel.
  4. Kepala beo yang jatuh terkulai juga bisa menjadi tanda penyakit, sedang peningkatan gerakan angguk ekornya bisa berarti beo mengalami kesulitan bernapas.
Perhatikan kotoran burung beo.
Normalnya beo mengeluarkan kotoran lumayan banyak. Meskipun terasa agak menjijikkan, coba perhatikan kotoran beo berkaitan dengan warna dan konsistensinya.
Saat kotoran beo tidak seperti biasanya, besar kemungkinan beo mengalami masalah.
Perhatikan kebiasaan makan dan minum burung beo. 
Jika burung beo mengalami perubahan kebiasaan makan dan minum secara tiba-tiba, si beo mungkin sedang sakit dan merasa tidak enak badan.
Perhatikan tanda fisik lain.
Hidung atau mata yang berair, bulu yang tampak kusut, kaki bengkak atau pincang adalah tanda-tanda penyakit pada burung beo.Jika ternyata si burung beo sakit, untuk beberapa kasus Anda mungkin mampu merawatnya sendiri.Namun untuk kasus yang lebih berat, segera bawa beo kesayangan Anda ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
 

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.