Home » , , » Perawatan Burung Jalak Kebo

Perawatan Burung Jalak Kebo

Written By gara on Friday, November 22, 2013 | Friday, November 22, 2013

Burungzoo.com

 Perawatan Burung Jalak Kebo

 

 


Merawat burung ini sangat mudah karena bernafsu makan besar. makanan utamanya adalah buah-buahan seperti pisang,pepaya dll, bisa dilatih makan voer bagi burung baru. extra fooding seperti  jangkrik,belalang juga dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan tubuhnya.


burung apapun itu yang rajin berkicau kunci utamanya harus sehat, yaitu dari rawatan harian seperti pemberian pola makan yang benar, penjemuran yang cukup, mandi.


untuk burung jalak kebo mandi dilakukan dengan semprot atau mandi keramba bagus, biasa juga mandi sendiri jika dalam wadah air minum itu ada air penuh burung ini pasti segera mandi.


butuh cahaya matahari sekurang kurangnya 2 jam perhari agar tetap dalam kondisi prima.
kandang harian harus sering dibersihkan dari kotoran burung ini agar dia nyaman dan rajin berkicau.


hal-hal diatas seperti pemandian dan  pembersihan kandang sangat mempengaruhi burung dalam proses penjinakkan bagi burung tangkapan hutan. sering-sering dipidah gantangan agar dia mengenal banyak orang dan terbiasa. usahakan taruh ditempat yang ramai lalu lalang orang untuk melatih mentalnya.

Pada burung yang masih liar pasti akan kelabakan jika kita letakkan di tempat yang ramai banyak lalu-lalang orang secara langsung, namun ada cara yang sedikit lebih santai dan tidak terlalu membuat stress burung yang masih liar, yaitu dengan meletakkan kadang agak sedikit jauh atau tinggi yang disekitarnya banyak lalu lalang orang sekalipun agak jauh. Kemudian kita cermati, jika burung sudah mulai merasakan tenang agak sedikit kita dekatkan, dan seterusnya hingga burung tidak merasakan terganngu jika kita dekati.

Cara memandikan dan perlakuan kita terhadap burung tersebut diatas memang dinilai agak sedikit kejam dan sadis, namun itulah terapi agar burung kesayangan kita bisa jinak sesuai dengan harapan kita. Namun jika pilihan kita, jinak secara alami, mungkin itu hal yang lebih manusiawi sekalipun harus sedikit lebih bersabar.

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.