Home » , » Biji Fumayin Pakan Burung Kicau

Biji Fumayin Pakan Burung Kicau

Written By gara on Friday, December 13, 2013 | Friday, December 13, 2013


Biji Fumayin Pakan Burung Kicau

Bila anda adalah seorang pecinta burung Kicau maka anda pasti ingin agar burung kesayangan anda tersebut memiliki suara kicau yang sangat menarik. Nah, agar burung Kicau anda bisa berkicau setiap hari tentunya anda sudah tahu bahwa burung harus selalu dalam keadaan sehat .
Burung yang sehat tentunya harus melewati proses perawatan dan pemeliharaan yang baik. Misalnya kebersihan kandang, rutinitas mandi, ataupun pemberian pakan yang baik.
Pemberian pakan dengan meracik atau membuat voer untuk burung pleci juga termasuk cara perawatan dan pemeliharaan yang baik.
Untuk anda yang memelihara burung pleci dan ingin agar burung anda tampil dengan baik di arena lomba maka anda bisa mengikuti tips seperti di bawah ini :

  • Voer Crumble yang bermutu
Voer crumble memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang seimbang, protein sebesar 16-21% , dan beberapa mineral. Voer ini terbukti aman dan cocok dengan sistem metabolisme burung pemakan buah dan serangga.

  • Hemp seed (Fumayin)
Biji fumayin merupakan biji yang mirip dengan biji ganja tapi tidak mengandung zat adiktif seperti halnya biji ganja. Setelah diteliti ternyata biji fumayin mengandung asam amino yang tinggi,dan biasanya bisa ditemukan pada beberapa produk pakan burung yang bermerk.
Biji fumayin merupakan kunci sukses bagi para breeder burung karena mampu meningkatkan birahi burung pleci. Biji fumayin sering digunakan sebagai doping para peserta lomba burung agar burung pleci mereka koncer.
Selain itu biji fumayin sangat baik diberikan kepada burung pleci yang mabung karena akan sangat membantu burung untuk ambrol.
Fumayin sangat baik untuk burung karena mengandung banyak asam amino esensial. Sebelumnya ada mitos yang menyebutkan bila fumayin akan menimbulkan efek ketagihan. Ternyata mitos tersebut
Sengaja disebar dengan maksud agar orang-orang tidak menggunakan fumayin untuk burung.
Fumayin sangat aman dan direkomendasikan untuk burung pleci karena dalam produk pakan burung impor yang bagus selalu ada 10-15% campuran fumayin pada bahan pakan bermerk impor tersebut.
Jika memang fumayin dilarang karena berbahaya lalu kenapa bisa lolos uji kesehatan di laboratorium luar negeri yang jauh lebih ketat daripada Indonesia ?? silakan gunakan logika anda.
Anda bisa memberikan 5-6 butir biji fumayin setiap hari pada burung pleci anda. Biji fumayin sangatlah keras sehingga anda harus memecahkan kulit biji fumayin terlebih dahulu sebelum diberikan ke burung pleci anda.

  • Tepung Jangkrik
Jangkrik mengandung protein tepung sebesar 57 % dan senyawa kimia seperti asam amino yang sangat dibutuhkan burung pleci dalam proses pembentukan sel, glutation (GSH) dan sebagai antioksidan alami pada tubuh burung.
Selain itu jangkrik mengandung hormon estrogen 259,535 ppm, testoteron 31,78 ppm, hormon progesterone 105,49 ppm dan mampu menghasilkan sumber energi sebesar 4,87 kalori per gram atau jauh diatas bahan pakan burung lain.
Ternyata kandungan protein tepung yang terbuat dari jangkrik tersebut tinggi, yakni mencapai 57,32 persen.
Anda bisa membuat sendiri tepung jangkrik di rumah dengan cara seperti di bawah ini, yaitu :
  1. Jangkrik dewasa direndam di dalam air panas.
  2. Lalu dicuci hingga bersih.
  3. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 70 derajat Celcius selama 3 jam.
  4. Setelah itu giling sampai menjadi halus.

  • Ikan Hias
Pakan ikan hias sangat baik diberikan ke burung pleci karena mengandung asam amino yang tinggi, mineral, dan protein yang tinggi. Selain itu pakan hias memiliki warna yang baik yang berasal dari formula alami ikan.

  • Timbangan Kecil
Anda membutuhkan timbangan kecil seperti timbangan kue untuk menimbang beberapa bahan agar komposisinya bisa sesuai.

Cara membuatnya :
  • Siapkan 100 gram Voer Crumble.
  • Siapkan 10 gram Fumayin. Sebelumnya Fumayin digoreng tanpa menggunakan minyak di atas wajan selama 5 menit lalu kupas kulit luarnya (yang diambil hanya isinya saja)
  • Siapkan 20 gram Tepung Jangkrik.
  • Siapkan 10 gram pakan ikan hias (takari atau abeuty).
  • Giling 100 gram Voer + 10 gram Fumayin + 20 gram Tepung Jangkrik dengan menggunakan dry (blender) atau penggiling sehingga berubah menjadi butiran yang lebih halus atau kecil sesuai dengan selera anda. 
  • Setelah ketiga bahan tersebut tercampur dengan baik anda bisa menambahkan 10 gram pakan ikan hias, lalu diaduk lagi hingga merata. 
  • Setelah dingin, usahakan voer yang sudah kita racik diatas selalu disimpan di wadah yang benar-benar baik dan kedap udara. Hal ini sangat penting agar pakan tidak tercemar bakteri dan jamur.  

salam 

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.