Penamaan Burung Kenari Lokan, F1, F2, F3, YS

Written By gara on Friday, December 20, 2013 | Friday, December 20, 2013


Penamaan Burung Kenari Lokan, F1, F2, F3, YS

Burung Kenari Idola Yorkshire

Memelihara burung Kenari Yorkshire

Burung Kenari, merupakan burung yang memiliki beberapa istilah, burung kenari dari hasil perkawinan silang yang menghasilkan nama atau jenis burung kenari, dengan nama itu burung kenari bisa dihargai lebih mahal dari burung kenari model yang lain. harga burung kenari berdasarkan model penamaan sangat berbeda, bisa jadi ini merupakan bisnis yang menjanjikan jika kita mau mencobanya untuk memelihara dan berternak burung kenari. 



Burung Kenari YS adalah burung kenari Yorkshire merupakan jenis kenari yang besar dan panjang, Merupakan trah asli import (belanda/england). Burung kenari Holland untuk membedakanya dengan burung kenari lokal cukup sulit karena mirip (segala aspek), butuh pengalaman dan butuh waktu untuk membedakan.Burung kenari AF merupakan hasi persilangan Burung kenari F1 dengan burung kenari lokal (untuk turunan pertama), burung kenari F2 merupakan hasil perkawinan burung kenari yorkshire dengan burung kenari F1, sedangkan burung kenari F3 merupakan hasil perkawinan antara burung yorkshire dengan burung kenari F2.

F2=YS vs F1 
F3=YS vs F2. 

Untuk sertifikat burung kenari belum ada. akan tetapi semua kenari import di bekali Ring Import. Dan Turunannya di indonesia tergantung breeder nya mau pakai Ring atau Tidak.Untuk yang ring import-pun, tidak ada standard baku/pasti akan ukuran YS asli itu sendiri (kadang ada yang super besar dan ada yang kecil). Jadi turunannya pun tidak bisa dibakukan/dipastikan. 

Semua tergantung dari penilaian kita sendiri. ada penjual yang mengatakan lokal super itu adalah burung kenari F1, dan macam-macam. Jadi intinya, kita lihat burungnya apakah termasuk YS/F1/F2/F3/AF, jika kita yakin dan tau detail jenis-jenis burung kenari.

smbr:Acil-surabaya

Dari penjelasan di atas ada lagi yang menyebutkan model penamaan burung kenari seperti penjelasan dibawah ini.



  • Jika burung kenari F1 itu dikawinkan dengan salah satu jenis bapaknya atau ibunya, dia akan menghasilkan keturunan burung kenari kedua (F2).

  • Jika Burung kenari F2 ini dikawinkan lagi dengan salah satu jenis kakek/neneknya akan menghasilkan keturunan burung kenari ketiga (F3) dan seterusnya.

Jadi sebenarnya istilah keturunan (F) ini bukan merujuk pada jenis kenari tertentu tetapi menunjuk pada model penyilangan dalam jalur keturnan tertentu. Meski sama-sama disebut kenari F1 bisa jadi dia akan lain dengan F1 lainnya karena bisa jadi memang beda indukan. Misalnya, F1 yang satu adalah anakan Lizard dan Colorbred dan yang satunya anakan Yorkshire dengan colorbred. Anehnya memang ada orang yang berdebat dan mengatakan, “Ah saya nggak percaya, katanya F1 kok kecil.” Nah ini kan aneh. Bisa saja F1 kecil karena anakan colorbred dengan lizard atau dengan mozambik, misalnya. Yang mengatakan ada F1 kecil adalah hal aneh tentunya karena dia pernah melihat F1 anakan dari YS dan colorbred.

Kalau tanya spek kenari untuk tarungan, ya tentunya berdasar trend tarungan saat ini yakni yang suaranya keras. Untuk suara keras, bisa ambil lizard sebagai salah satu indukannya. Hanya saja, sekarang orang juga mengejar untuk body (besar), maka diambillah YS sebagai salah satu indukannya. Hanya saja, sebenarnya YS itu bukan kenari tipe singer (penyanyi). Jadi banyak alternatif yang bisa kita pilih dengan plus-minusnya.

Kalau romeo memang bukan jenis kenari tetapi sekadar nama warna tertentu. Hanya saja, untuk kenari jenis tertentu, punya warna dominan yang pasti/sering muncul.. Untuk mencarikan indukan, ya bisa saja dicari betina F1 dari anakan YS dan colorbred (lokal/holland).
smbr :Duto Solo

 Gambar : Dennis Papegaaien


Salam 
BUrungzoo

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.