Burung Samyong Indonesia

Written By gara on Saturday, March 15, 2014 | Saturday, March 15, 2014

burungzoo.com  

 Burung Samyong Indonesia



Burung samyong (The Bare throated Whistler) adalah burung endemik dari Indonesia. Burung ini berasal dari Nusa Tenggara, lebih tepatnya lagi di Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan di Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk burung yang berasal dari wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki nama latin Pachycephala nudigula, sedangkan yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki nama latin Pachycephala nudigula ilsa. Oleh penduduk asli burung ini di panggil dengan sebutan garugiwa yang artinya adalah burung arwah, terlepas dari mitos yang beredar mungkin nama tersebut diberikan karena pada saat burung itu berbunyi hanya suaranya saja yang terdengar namun wujud burung itu tidak terlihat, karena burung itu berada di atas ranting di atas pohon-pohon yang tinggi. Selain garugiwa, burung ini juga menyandang gelar burung 1001 suara, hal ini karena memang banyak sekali jenis suara asli alam yang dapat di bawakan oleh burung samyong ini


Di habitat asli nya burung samyong aktif di atas pohon yang tingginya sekitar 10 meter. habitatnya berada di sekitar 1400 mdpl (meter diatas permukaan laut). burung yang berada di bawah 1400 mdpl dapat mengeluarkan sekitar 12 jenis suara, sedangkan yang berada di atas 1400 mdpl dapat mengeluarkan sekitar 17 jenis suara. Burung samyong aktif berbunyi mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 10.00. Burung samyong merupakan burung yang bersifat teritorial dan burung yang penyendiri. Pada saat aktif bersuara burung ini menempati area yang sama dengan luas wilayah sekitar 500 meter persegi.


Secara morfologi Burung samyong jantan memiliki beberapa perbedaan dengan burung samyong betina, seperti penjelasan di bawah ini :


 Burung Samyong Jantan:

Bulu kepala sampai dengan leher bagian belakang berwarna hitam.

* Leher bagian depan tanpa bulu dan berwarna merah (semacam gelambir), yang menggembung saat berkicau.

* Bulu bagian atas kadangkala membentuk jambul saat berkicau dengan suara keras.

* Bagian bawah berwarna kuning kecoklatan. Sedangkan bagian atas dan sayap berwarna kuning kecoklatan, lebih tua dibanding bagian bawah.

* Bagian bawah ekor berwarna hitam, namun tidak segelap warna bulu di kepalanya.

* Paruh berwarna hitam dengan garis putih pada bagian tengah paruh.

* Panjang ekor ± 1/3 dari panjang tubuh

* Kaki bagian depan terdapat 3 buah dan 1 buah pada bagian belakang. Pada bagian depan, jari tengah lebih panjang. 2 buah jari belakang memiliki panjang sama. Jari depan dan belakang mencengkeram ranting atau batang pohon saat bertengger

* Terdapat bulu disebelah bawah bagian leher yang berwarna hitam. 





Burung Samyong Betina  :

Memiliki warna bulu hijau kekuningan sampai dengan ekornya

* Kepala abu-abu tua

* Tenggorokan mempunyai bulu meski sudah dewasa

* Ukuran burung betina tidak lebih dari 18cm

* Bentuk kepala membulat,

* Paruh lebih pendek

 http://m.kaskus.co.id/post/529d7e54feca17ea6c00028a


Salam 
Burung Zoo

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.