Home » , , , » Manfaat kunyit pada Burung peliharaan kita.

Manfaat kunyit pada Burung peliharaan kita.

Written By gara on Friday, March 14, 2014 | Friday, March 14, 2014

burungzoo.com  



Kegunaan
Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet. Produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten, misalnya untuk peradangan sendi (arthritis- rheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butasondengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul.

Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus) pasar dan industrinya sudah berkembang. Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E, Lesitin, Amprotab,Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90.

Sebagai obat
Umbi akar yang berumur lebih dari satu tahun dipakai sebagai obat (umbi akar bersifat mendinginkan, membersihkan, memengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah). Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.

Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, penggunaan kunyit adalah sangat effektif, yaitu dengan diminumkan juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.

Cara sederhana adalah: 1. Ambil segenggam kunyit, lalu kupas 2. Parut atau juice dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya) 3. Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian) 4. Tambahkan garam sedikit (seujung sendok) 5. Saring/Peras 6. Tuangkan perasan jeruk nipis (1 – 3 biji, sesuai selera) 7. Tambahkan gula atau madu 8. Diminumkan Langsung keparuh burung cukup 5 tetes (lebih baik dalam keadaan hangat). Dan bisa digunakan selama 2 Minggu.

Ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu/demam pada burung-burung peliharaan (tidak perlu dilakukan setiap hari; biasanya 1-2 hari sudah bisa sembuh), sehingga terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap tubuh. Bila dikonsumsi oleh para betina indukan, dipercaya anakannya saat menetas akan mempunyai tubuh yang sehat.

Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitis, antioksidan, gangguan pencernaan, anti mikroba, anti kolesterol, anti invasi virus, anti rheumatoid arthritis (rematik), Usus buntu, Disentri,Berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken), infeksi saluran pernafasan, infeksi tenggorokan dan pita suara.

Kandungan kimia
Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen,turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%,Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Cara Memberikan pada burung peliharaan, dalam hal ini apabila untuk jenis burung pemakan serangga bisa kita berikan kepada jangkrik, kandungan senyawa yang terkandung pada kunyit akan tertransfer ke burung peliharaan saat burung peliharaan tersebut memakan jangkrik.

Untuk Jenis Burung Bukan Pemakan Serangga Bisa ekstrak kunyit yg sudah dicampur air diminumkan Langsung Keparuh Sebanyak 5 Tetes, 3 x sehari Sampai Burung tersebut sembuh.

http://wawanceria.wordpress.com/2013/

Salam 
Burung Zoo

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.