Home » , , , » Burung MURAI BATU LAMPUNG

Burung MURAI BATU LAMPUNG

Written By gara on Tuesday, April 15, 2014 | Tuesday, April 15, 2014

burungzoo.com  

Burung MURAI BATU LAMPUNG



Di daerah asalnya, yaitu hutan-hutan di wilayah Lampung dan sekitarnya (Krakatau), sebenarnya sudah sangat jarang ditemukan burung murai batu yang khas daerah ini.
Hal ini antara lain karena maraknya kasus alihfungsi hutan menjadi kawasan perkebunan dan permukiman penduduk. Meski murai batu bukan termasuk burung migran, apalagi pindah lokasi dalam jarak jauh, kemungkinan perpindahan lokasi akibat kerusakan habitat tetap ada.
Artinya, ada sebagian murai batu yang mati karena habitat rusak dan tak mampu menyediakan lagi pakan untuknya, namun pasti ada sebagian (meski kecil) yang punya kondisi fisik paling prima akan lolos dari seleksi alam, dan memperoleh habitat baru di luar Provinsi Lampung.
Menurut beberapa rekan kicaumania yang tinggal di Lampung, selama ini burung yang dikenal sebagai murai batu lampung sesungguhnya dipasok dari Kota Agung, Jambi, dan Riau. Bukan hasil tangkapan para pemikat di hutan-hutan yang ada di wilayah Lampung.
Ciri-ciri murai batu lampung antara lain:
  • Postur tubuhnya relatif kecil
  • Kalau berbunyi tidak seperti murai batu borneo yang mengembungkan bulu-bulunya.
  • Ada beberapa individu yang pada awal buka suara mengembungkan bulu-bulunya, tetapi setelah itu kembali normal.
Memilih murai batu lampung di pasaran memang agak susah jika tidak ditemani oleh seseorang yang sudah benar-benar mengerti bagaimana bentuk MB lampung. Sebab, ada beberapa pedagang yang kerap menyebut murai batu dari daerah lain (misalnya Kalimantan) sebagai MB lampung.
Gaya tarung murai batu lampung juga bervariasi, sehingga tak bisa dijadikan tengara khusus. Tetapi, menurut beberapa sobat kicaumania asal Lampung, salah satu ciri khas murai batu lampung adalah gaya mematuknya yang dilakukan sambil menaikturunkan kepalanya.
Selain itu, warna merah / oranye pada bagian dadanya terlihat sedikit lebih gelap ketimbang murai batu asal Kalimantan. Adapun mengenai sebutan murai batu lampung super, kemungkinan ditujukan untuk murai yang memiliki ekor lebih panjang.

 smbr:omkicao

Salam 


Burung Zoo

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.