Home » , , , » menjaga kesehatan mental burung Kicau

menjaga kesehatan mental burung Kicau

Written By burung zoo on Wednesday, January 27, 2016 | Wednesday, January 27, 2016

burungzoo.com



Tips dan trik menjaga kesehatan mental burung:

1. Biasakan diubah2 tempat gantungannya di tempat2 yang relatif ramai orang, gaduh,              berisik.

2. Jangan diubah2 posisi tempat pakannya.

3. Jangan diubah2 bentuk dan ukuran tempat tenggeran/tangkringannya.

4. Biasakan burung dengan kerodong, topi, payung dan lain-lain, dengan warna yang                beragam.

5. Biasakan dipertemukan dengan burung lain (baik sejenis maupun lain jenis). Catatan:        Jangan lama2, kalau Anda belum yakin dengan kondisi mental si burung.

6. Biasakan dibawa bepergian (entah pakai mobil ataupun motor) entah untuk tujuan             lomba, latber, atau sekadar muter2 kota. Misalnya Anda main ke rumah kawan dan              tidak merasa repot, bawa saja burung Anda meskipun di sana hanya digantung                        sendirian, sementara Anda ngobrol.

7. Milikilah burung sejenis sebagai sparring partner atau “unthul” (bahasa Jawa, bahasa Indoensia-nya apa saya tidak bisa memilih kata yang pas) dengan kualitas mental yang jeblok, untuk selalu “dilabrak” oleh burung andalan kita. Ini seperti kalau kita punya ayam bangkok petarung, maka kita perlu ayam jago lainnya (biasanya ayam lokal) yang kualitas tarungnya jelek dengan tugas “menerima pukulan” bangkok jagoan kita. Ini bertujuan meningkatkan mental burung dengan cara memberi perasaan bahwa dia adalah burung “menangan” (padahal musuhnya-lah yang jelek, hehehe bo’ongi saja biar dia pede).

burung kicau

smbr:omkicau
Salam 
Burung Zoo.com

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Populer

Powered by Blogger.